Rabu, 21 Januari 2009

Bangga jadi rakyat Indonesia




Hari Jumat kemaren,gue jadi moderator pas LKMM(latihan kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa) di kampus gue tentang Mahasiswa dan pergerakan..

Acaranya cukup dikemas dengan menarik..
pertama2 ditampilin video sejarah perjuangan dokter Indonesia kemudian dilanjutkan untuk materi..
tujuan awalnya sih sebeanrnya untuk menumbuhkan rasa juang dan menyadarkan para mahasiswa baru FK bahwa bukan berarti menjadi mahasiswa kedokteran,harus pasif dan oportunitis..

kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab..
nah...cukup banyak yang berkomentar..termasuk komentar dari mahasiswa Malaysia yang cukup kagum akan pergerakan dan peran mahasiwa kedokteran dalam sejarah bansga Indonesia..

tapi ada satu kejadian yang membuat saya sedikit miris sebagai bangsa Indonesia ..
seorang peserta,mahasiswa Indonesia, bertanya kepada pemateri..kira2 seperti ini pertanyaannya..

"kenapa sejak reformasi tahun 1998,Indonesia bukannya malah makin maju,tetapi menjadi lebih terbelakang??"

Pertanyaan dia membuat gue tidak dapat menahan diri dan langsung menjawab pertanyaan ,tanpa memberikan kesempatan kepada pemateri untuk menajwab pertanyaan tersebut...
(padahal tugas gue sebagai moderator cuma mengatur diskusi aja,bukan untuk menjawab pertanyaan)...

gue langsung membantah pernyataan bahwa Indonesia malah semakin mundur..
gue langsung memberikan fakta2 yang menujukkan bahwa sebenarnya Indonesia malah bergerak ke arah yang lebih baik,baik dari segi ekonomi,politik,dan banyak hal lainnya...

tindakan gue ini,memang terakhinrya jadi bahan ejekan juga dari panitia..
(cie...si Willy..gayanya udah jadi kayak pemateri ajah...)
tapi menurut gue,tindakan gue ini worth it lah..
karena menurut gue,menyadarkan dan mewartakan kabar baik kepada anak Indonesia bahwa negaranya ini bergerak ke arah yang lebih baik itu cukup penting...

yah..mewartakan kabar baik ttg Indonesia...
gue rasa itulah tugas kita sekarang sebagai bangsa Indonesia...
Menurut gue,cukup banyak rakyat Indonesia tidak sadar akan kehebatan bangsa dan negaranya
mereka masih menganggap rendah bangsa dan negaranya sendiri..
Malah,ngera lain yang menghargai bangsa Indonesia

Ketika gue melihat satu acara Talk show mengenai "Dampak inaugurasi presiden Barrack obama terhadap jalur GAZA" di Metro TV, hari senin pukul 19.00-20.00, ada salah satu nara sumber yang berasal dari Afghanistan bernama Mr. Najibullah Samit berkata bahwa Indonesia mempunyai nilai plus yang tak dimiliki oleh negara manapun di Dunia :

1. Indonesia adalah satu-satunya negara dengan populasi muslim terbesar di dunia....dan mayoritas sangat moderat juga sukses dalam menerapkan demokrasi dalam kehidupan bernegara

2. indonesia adalah satu-satunya negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia yang bisa hidup berdampingan dengan penganut agama lain seperti kristen, hindu budha dan lainnya tanpa adanya perbedaan dalam kehidupan sosial dan bernegara....dan.....satu-satunya negara di dunia yang menjadikan seluruh hari raya umat beragama yang ada di Indonesia sebagai hari libur nasional.

3. Indonesia adalah negara yang paling sukses dalam pemberantasan terorisme di dalam negerinya......padahal hal itu memerlukan sebuah keberanian yang besar namun indonesia terbukti berhasil dengan hampir tertangkap dan tereksekusinya seluruh gembong teroris di Indonesia.....

4. Presiden Indonesia sekarang adalah seorang yang penuh kharisma.......dan mungkin presiden indonesia pertama yang sanggup "berbahasa Internasional dengan Baik" maksudnya dia bisa melaksanakan perannya dalm hubungan Internasional dengan sangat baik....sehingga peran Indonesia sekarang sangat diperhitungkan dalam setipa ajang Internasional.

dan masih banyak fakta2 lain (yang takkan mungkin untuk disebutkan satu persatu) yang menunjukkan bahwa Indonesia memang berjalan ke arah yang lebih baik..

GUe sering baca Blog Good News From Indonesiauntuk menmbangkitakan rasa kebanggaan gue akan Indonesia...
Blog ini ditulis oleh WNI yang sekarang bermukim di Singapura
GUe rekomendasikan baca blog ini supaya rasa kebanggan kita akan Indonesia semakin bertambah...


Good NEws From Indonesia

Nah...mungkin bebrapa rakyat Indonesia sering bertanya,,
klo memang Indonesia berjalan ke arah yang lebih baik,
kenpa masih banyak permaslahan yang dialami bangsa ini yang tidak terselsaikan dengan baik.,..

nah.,.klo jawaban gue adalah..
semua pemecahan masalah butuh sebuah proses dan diperlukan waktu yang sangat panjang,,
dan ayng gue lihat,proses yang dialami Indonesia untuk emmcahkan masalah sudah sesuai pada rel nya...
tinggal kita yang menjaga agar proses itu tetap berjalan ke arah yang lebih baik..

KLo boleh dibandingin..
Indonesia merupakan negara paling unik sedunia...

Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan bhasa yang berbeda..
terdiri atas beribu2 pulau..
masyarakatnya menganut berbagai macam agama (Islam,Kristen,Katholik,Hindu,Budha,Konghuchu)
dan kita sama-sama menyakini bahwa kita semua adalah sama
BANGsA INDONESIA...what a great nation..!!!

Wlau banyak intervensi asing yang ingin memecah belah NKRI,tapi sampai sekarang,negara kita tetap bersatu dan tidak bisa terpisahkan

bandingkan dengan Amerika Serikat..
Ingat,USA merdeka pada tahun 1776,dan mereka baru bisa menjadi sekarang setelah menempuh proses yang sangat panjang hingga lebih dari 2 abad..

bandingkan juga dengan Jepang..
yang cuma punya satu kebudayaan..Jepang (dan suku bangsa Ainu..)

atau bandingkan Malaysia,negara jiran sahabat kita..
mereka mengaku memiliki 3 kebudayaan,Melayu,Chinese,dan India..
tapi masih berkasta2...

Kini sudah saatnya bangga Indonesia bangkit dan sadar bahwa negaranya adalah negara yang besar dan maju..

Sudah saatnya kita menyadarkan rakyat Indonesia untuk sadar dan berani mengatakan kepada dunia..

AKU BANGGA MENJADI RAKYAT INDONESIA!!!!



video yang gue buat di youtube,untuk membangkitkan rasa nasionalismer gue...


HIDUPLAH IINDONESIA RAYA!!!

0 komentar: