Selasa, 11 November 2008

Nyandu Internet adalah Penyakit!

Gue baru baca artikel ini tadi... Serius nih?? jujur ajah...sejak rumah dipasangin speedy gue tiap hari main internet... kadang2 ampe malam2...
terus klo gak buka pake komputer.. yah pake hp lewat opera atau chatting pake e-buddy....

Nyandu Internet adalah Penyakit!


source

China kemungkinan bakal jadi negara pertama yang mengklasifikasikan secara resmi bahwa kecanduan internet adalah sebuah penyakit klinis. Negeri Tirai Bambu ini bahkan berniat mendaftarkan kondisi tersebut ke World Health Organization (WHO), badan kesehatan dunia.

Dikutip detikINET dari TimesOnline, Selasa (11/11/2008), Kementerian Kesehatan China memang akan mengadopsi pedoman baru terkait kecanduan internet berbasis penelitian yang dilakukan psikolog setempat. Kecanduan internet pun akan disamakan dengan kondisi kecanduan judi atau alkohol.

"China jadi yang terdepan dalam penelitian ini karena kami juga termasuk yang paling awal mendirikan klinik pecandu internet," tutur Dr. Tao Ran yang menangani klinik kecanduan internet pertama China di Military General Hospital, Beijing.

Seperti diketahui, China adalah salah satu negara dengan jumlah pengakses internet terbesar di dunia dan banyak di antaranya mengalami kecanduan. Dalam penelitian oleh perusahaan media InterActiveCorp, 42 persen kaum muda di China mengaku nyandu internet.

Menurut Dr Tao, kecanduan internet merupakan masalah psikologis. Para pasien yang ditanganinya seringkali menderita depresi, ketakutan dan enggan bersosialisasi.

Namun tak seperti ketagihan narkoba, kecanduan internet dinilai tidak menimbulkan ketergantungan. Dr Tao mengklaim 70 persen pasian yang ditangani di kliniknya berhasil sembuh. Adapun ratusan klinik yang menangani para pecandu internet kini telah tersebar di berbagai wilayah China.

0 komentar: